facebooklogocolour

Siapa yang harus membayar untuk krisis pandemi korona?

fixed coronaSebagian besar paket ekonomi pandemi ini adalah untuk perusahaan-perusahaan, dan hanya sedikit untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan bantuan langsung ke rakyat pekerja yang kehilangan mata pencaharian mereka.

Bukan hanya itu, setelah pandemi ini berlalu, dengan satu cara atau cara lain, pemerintah di seluruh dunia akan berusaha membebankan biaya krisis ini pada rakyat. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Simak selengkapnya dalam artikel berikut. 

Kontroversi Uber Mengungkap Kebangkrutan Industri Taksi

bentrok taksi gojekBentrokan antara supir taksi (dan angkutan umum tradisional lainnya) dengan para pengemudi Gojek yang dimotivasi oleh penolakan terhadap aplikasi transportasi online macam Uber di Jakarta baru-baru ini juga telah terjadi di banyak kota di seluruh dunia. Baru-baru ini di Kanada juga terjadi bentrokan antara supir taksi dengan supir Uber. Di bawah ini kami terbitkan artikel oleh kamerad Laura Perez dari IMT yang mengupas apa yang menjadi akar dari permasalahan ini.

Siapa Pemenang dari Harga Minyak yang Rendah?

minyak turunDalam skenario kapitalisme apapun, rakyat pekerja tidak akan pernah menjadi pemenang. Kemenangan rakyat pekerja yang sejati hanya bisa dicapai ketika kekuatan ekonomi dan politik kelas kapitalis telah disita oleh kelas buruh, dan diletakkan di bawah sistem ekonomi terencana yang demokratis. Inilah yang sedang kita perjuangkan.  

Indonesia: Mata Rantai Paling Lemah Kapitalisme Asia Tenggara

Artikel ini menyajikan ringkasan situasi ekonomi kapitalisme Indoneisia masa kini dan masa mendatang. Artikel ini juga melihat implikasi perjuangan kelas pekerja dan mengembangkan garis-garis besar tanggapan programatik sosialis terhadap krisis sistem ini.