facebooklogocolour

Amerika Serikat Terbakar, Kapitalisme harus Dibakar!

slave trader

Pembunuhan George Floyd hanyalah puncak dari gunung es. Ini bukan masalah satu atau dua apel yang busuk.

Tak ayal tuntutan para demonstran telah mencapai proporsi yang revolusioner, yakni pembubaran institusi kepolisian.

Dalam tulisan ini, kita akan mengungkap apa yang dibutuhkan oleh rakyat Amerika Serikat agar rasisme & institusi kepolisian benar-benar bisa dihapus.

#BlackLivesMatter dan Akar Rasisme di Amerika Serikat

Slavery

Malcolm X pernah mengatakan: “Tidak ada kapitalisme tanpa rasisme.” Kita juga bisa katakan sebaliknya, bahwa tidak ada rasisme tanpa kapitalisme. 

Ideologi rasisme adalah produk langsung dari kapitalisme. Dalam risalah singkat ini, kita akan kupas bagaimana rasisme memainkan peran penting pada masa-masa awal kelahiran kapitalisme.

Pelajaran dari Sejarah dan Perjuangan Black Panther Party

Untitled designTerbunuhnya George Floyd oleh brutalitas polisi telah memercikkan gerakan protes besar yang kini telah menyebar ke lebih dari 140 kota di AS dan juga banyak negara lainnya. Gerakan anti-rasisme ini kini telah mengambil dimensi revolusioner. Berikut adalah artikel yang mengupas episode penting dalam sejarah perjuangan anti-rasisme di AS, yakni pengalaman Black Panther Party, yang kami harap dapat memberi para pembaca pelajaran bagaimana melawan dan mengakhiri rasisme.

George Floyd dan Politik Minus Malum

black lives matter 2Ketika kita berbicara mengenai rasisme di Amerika Serikat, biasanya ini diasosiasikan dengan para politisi & pejabat Republiken, dengan Trump dan MAGA (Make America Great Again). Sementara, Partai Demokrat digambarkan sebagai antitesanya. 

Dalam artikel ini kami mengupas mengapa kedua partai borjuasi ini pada dasarnya sama, sama-sama berkontribusi pada pesatnya rasisme di AS.  

Reformisme, Revolusi dan Krisis Kapitalisme AS

bernie sandersKetertarikan terhadap sosialisme dan kebangkitan reformisme adalah refleksi dari kontradiksi di dalam sistem kapitalisme, yang tidak mampu memberikan jalan keluar. Krisis kapitalisme akan disertai dengan krisis reformisme dalam segala bentuknya. Tanpa bisa mengantarkan reforma yang riil dan substansial, reformisme akan cepat kadaluwarsa.

Pelajaran dari Penutupan Pemerintah AS dan Krisis Kapitalisme AS

Apa pelajaran yang bisa didapati oleh kaum revolusioner dari krisis penutupan pemerintahan AS belum lama ini dan krisis kapitalisme yang mendalam di sana? John Peterson, seorang organisator Marxis di Amerika Serikat (organisasi Workers International League, seksi IMT di Amerika Serikat) menulis dua artikel berikut ini, sebelum dan sesudah krisis penutupan pemerintahan AS berakhir dan memberikan analisa dan penjelasan yang mendalam mengenai proses politik busuk di AS dan perspektif ke depan untuk perjuangan buruh.

Amerika Serikat: Tidak Ada Pilihan bagi Kaum Buruh?

Bulan November nanti pemilihan presiden AS akan berlangsung lagi. Pilihannya yang sekarang ada hanya dua: Presiden Obama dan Mitt Romney, kedua-duanya adalah perwakilan kaum kapitalis. Namun apakah benar pilihan bagi kaum buruh Amerika hanya mereka?

Bergabunglah dengan Perhimpunan Sosialis Revolusioner!

Form Pendaftaran

Form by ChronoForms - ChronoEngine.com