facebooklogocolour

Membantah Mitos Rosa Luxemburg dan Kaum Bolshevik

rosa luxemburg 3Rosa digambarkan kepada kita sebagai 'pendukung spontanitas' dan musuh Bolshevisme oleh orang-orang yang menyangkal perlunya membangun sebuah partai revolusioner sejati. Tetapi ini jauh dari kebenaran. 

Asal Mula Masyarakat Kelas

slavery in ancient romanSebagian besar orang menganggap bahwa perbedaan kelas, perbedaan miskin dan kaya merupakan hal yang alami dan abadi. Ada juga yang menganggap bahwa kaum miskin menjadi miskin karena kelamasan mereka. Tetapi, benarkah demikian faktanya? 

Lewat analisis ilmiah berikut ini kita akan mengungkap bahwa kelas sosial dalam masyarakat tidaklah selalu ada; bahwa corak produksilah yang melahirkan kelas-kelas dalam masyarakat dan bukan tabiat alami manusia apalagi kelamasan sekelompok orang yang menjadikan mereka kelas tertindas. 

Dampak Negatif Postmodernisme terhadap Ilmu Sejarah

tributaryAda orang yang mungkin melihat seluruh alur sejarah sebagai “tidak lebih dari daftar panjang kejahatan, kebodohan, dan kemalangan umat manusia,” seperti yang ditulis oleh sejarawan Edward Gibbon. Tetapi di kedalaman yang paling dalam, ada kekuatan-kekuatan yang jauh lebih fundamental yang menggerakkan sejarah.

Peradaban, Barbarisme, dan Pandangan Marxis tentang Sejarah

materialisme historis dan barbarisme 1 1

Apa itu progres dalam sejarah? Apakah sejarah manusia mengalami progres? Jika ya, masihkah akan ada progres di masa mendatang? 

Dalam artikel ini, pembaca akan mengungkap bagaimana pandangan Marxis tentang sejarah, progres dalam sejarah umat manusia, dan bagaimana mendorong progres umat manusia hari ini. 

“Narasi Kiri” atau Perjuangan Kelas?

europe general strike

Pada dasarnya, gagasan "narasi kiri" hanyalah penolakan terhadap perjuangan kelas dan revolusi kelas pekerja tanpa pijakan ilmiah yang kokoh.

Pelajaran dari Republik Soviet Bavaria

bavarian soviet republic

Memori heroik Republik Soviet Bavaria penting dilestarikan sebagai bagian dari warisan berharga perjuangan kelas pekerja. Adalah tugas kita untuk mempelajarinya, dari kemenangan serta kesalahan mereka. 

Bolshevisme, Jalan Menuju Revolusi: Bab 28. Hari-Hari Juli

Bolshevisme Jalan Menuju Revolusi Bab 28

Pada bab ini, pembaca akan mempelajari peristiwa penting beberapa bulan setelah Revolusi Februari 1917, yang dikenal dengan "Hari-Hari Juli", di mana kelas pekerja turun ke jalan dan menuntut revolusi segera dituntaskan.

Marxisme Versus Postmodernisme

marxisme vs posmo fixed

Postmodernisme menyangkal progres, dan dengan demikian adalah filsafat status quo. Kritik Marxis terhadap Postmodernisme.