facebooklogocolour

Squid Game: Parodi Horor Kapitalisme

SquidGameCast

Karya seni meniru realitas. Squid Game dan kondisi Korea Selatan saat ini mengekspos permasalahan dasar kapitalisme, yakni konflik antara kaum miskin tertindas dan kaum borjuasi yang diwakili oleh chaebol yang menguasai kekuatan ekonomi. 

Bolshevisme, Jalan Menuju Revolusi: Bab 28. Hari-Hari Juli

Bolshevisme Jalan Menuju Revolusi Bab 28

Pada bab ini, pembaca akan mempelajari peristiwa penting beberapa bulan setelah Revolusi Februari 1917, yang dikenal dengan "Hari-Hari Juli", di mana kelas pekerja turun ke jalan dan menuntut revolusi segera dituntaskan.

Marxisme Versus Postmodernisme

marxisme vs posmo fixed

Postmodernisme menyangkal progres, dan dengan demikian adalah filsafat status quo. Kritik Marxis terhadap Postmodernisme.

Marxisme dan Masalah Kebangsaan

sosialisme dan hak penentuan nasib sendiriMarxisme dan Masalah Kebangsaan memaparkan gagasan Marx, Engels, dan Lenin mengenai perjuangan pembebasan nasional. Buku ini mengupas dengan detil kesejarahan masalah kebangsaan, bagaimana nasion lahir, dan perspektif sosialis untuk perjuangan hak bangsa menentukan nasib sendiri. 

Memperingati 150 Tahun Komune Paris 1871

komune paris min

Kaum Komunard berusaha membangun sebuah negara yang baru, Negara Buruh, di atas puing-puing negara kapitalis. Namun, mereka tidak memiliki waktu untuk mengkonsolidasikan kekuasaan mereka. Keterisolasian – di Prancis yang mayoritas masih agraris – adalah hal yang fatal bagi mereka. 

Hari ini, mayoritas rakyat adalah pekerja upahan. Fondasi untuk revolusi sosialis jauh lebih matang dibandingkan di abad ke-19. Oleh karenanya, semuanya tergantung pada kita untuk mewujudkan masyarakat sosialis yang demokratik, yang diperjuangkan oleh kaum Komunard sampai titik darah penghabisan.

Ulasan Buku Hikayat Tirani Besi: Bagaimana Anarkisme Melihat Revolusi Rusia?

hikayat tirani besi web

Sangat penting bagi siapapun pembaca buku ini untuk melengkapi pengetahuannya mengenai Revolusi Rusia dari sudut pandang perjuangan kelas. 

Karena dari sini kebijakan Bolshevik bisa dipahami. Bila tidak begitu, alih-alih memahami Revolusi Rusia, mereka akan terjebak ke dalam sentimentalisme yang dipegang oleh penulis buku ini.