facebooklogocolour

Ulasan Buku Hikayat Tirani Besi: Bagaimana Anarkisme Melihat Revolusi Rusia?

hikayat tirani besi web

Sangat penting bagi siapapun pembaca buku ini untuk melengkapi pengetahuannya mengenai Revolusi Rusia dari sudut pandang perjuangan kelas. 

Karena dari sini kebijakan Bolshevik bisa dipahami. Bila tidak begitu, alih-alih memahami Revolusi Rusia, mereka akan terjebak ke dalam sentimentalisme yang dipegang oleh penulis buku ini.

Ilusi Keterbukaan Informasi di Bawah Kapitalisme

polisi siberSelama masih ada kelas-kelas dalam masyarakat, maka keterbukaan informasi yang sepenuhnya tidak akan pernah terwujud. Kelas yang dominan akan selalu mendikte jenis informasi yang beredar di masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung. Dalam masyarakat hari ini, kapitalis adalah kelas yang menguasai informasi. Agar bisa mewujudkan keterbukaan informasi yang sejati, kelas-kelas di masyarakat harus lenyap. Dan ini hanya bisa dilakukan dengan menghancurkan tatanan kapitalisme dan menggantinya dengan sosialisme.

Bolshevisme, Jalan Menuju Revolusi: Bab 26. Revolusi Februari

Bolshevisme Jalan Menuju Revolusi Bab 26

Bab 26 ini memaparkan bagaimana Revolusi Februari 1917 berlangsung, bagaimana kaitan antara Soviet dan partai-partai, bagaimana partai-partai termasuk Bolshevik menyikapi digulingkannya kekuasaan Tsar dan munculnya Soviet, apa program yang diajukan partai-partai terkait pertanyaan kekuasaan.

Selamat membaca!

Pengantar Edisi Bahasa Indonesia “Sosialisme dan Hak Bangsa Menentukan Nasib Sendiri”

sosialisme dan hak penentuan nasib sendiri Artikel ini berisi pengantar buku "Sosialisme dan Hak Bangsa Menentukan Nasib Sendiri" edisi Indonesia, karya Alan Woods dan Ted Grant.

Buku ini mengupas bagaimana perspektif Marxis mengenai tuntutan penentuan nasib sendiri bangsa-bangsa tertindas seperti bangsa Papua dan bagaimana perjuangan yang harus ditempuh oleh bangsa tertindas agar bisa memperoleh kemerdekaan 100%.