facebooklogocolour

Lenin 100 Tahun Kemudian (Haul ke-100)

downloadTanggal 21 Januari 2024 menandai peringatan seratus tahun wafatnya Vladimir Ilyich Ulyanov, yang lebih dikenal dunia sebagai Lenin. Tidak diragukan lagi, dia adalah salah satu tokoh revolusioner terhebat yang pernah hidup. 

Kecerdasan Buatan (AI) dan Kapitalisme

StabilityAIStableDiffusionv2Image3KKaliYugaKecerdasan buatan (AI) telah menjadi bahan perdebatan dan spekulasi dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyak orang mengklaim bahwa AI akan segera menjadi sadar dan bahkan berpotensi melampaui kecerdasan manusia. 

Marx versus Malthus: Overpopulasi atau sistem yang sudah uzur?

malthusian 1000xPendeta Thomas Malthus menjadi tenar pada abad ke-19 sebagai pembela kemiskinan dan ketidaksetaraan. Dia menegaskan bahwa orang miskin tidak menjadi miskin karena eksploitasi kapitalis atau ketidakadilan, tetapi karena jumlah mereka terlalu banyak, bersaing untuk sumber daya yang terbatas. Hari ini, ide Malthus masih beredar dalam berbagai bentuk, dan bahkan cukup berpengaruh di gerakan kiri. Dalam artikel ini, kita beberkan implikasi palsu dan reaksioner dari ide-ide ini. 

Kejatuhan Perempuan: Properti, Opresi dan Keluarga

1947211438 48917a4427 bLewis Henry Morgan, salah satu antropolog perintis, mengemukakan gagasan revolusioner bahwa perempuan dalam masyarakat awal bebas dan setara, dan bahwa asal mula penindasan perempuan dapat ditemukan dalam kemunculan kepemilikan pribadi dan keluarga monogami. 

Marxisme dan Masalah Perang

ukmil1 1200x768Posisi Marxis mengenai masalah perang berbeda secara fundamental dari kaum Kiri umumnya, entah Kiri borjuis kecil, kaum liberal, maupun kaum pasifis. 

Kapitalisme dan Krisis

istockphoto 1214458453 612x612Sering kali pemikir kapitalis yang paling serius menarik kesimpulan yang sama seperti kaum sosialis, yaitu bahwa hari ini masyarakat kapitalis tengah memasuki periode krisisnya yang paling dalam.