facebooklogocolour

Kembalinya Gerakan Payung Hong Kong

no ekstraditionDemo ini adalah pertunjukan luar biasa dari kekuatan politik akar rumput di kota di mana penduduk tidak dapat memilih pemimpin mereka tetapi mereka bebas untuk turun ke jalan untuk mengecam mereka. Demonstrasi yang awalnya menuntut agar RUU Ekstradisi dicabut, kini telah berkembang menjadi tuntutan agar Carrie Lam mengundurkan diri.  Tidak menutup kemungkinan akan muncul tuntutan untuk menentukan hak nasib sendiri, di mana embrio untuk ini sudah ada sebelumnya.

Pelajaran dari Pemogokan Nasional India

india strikePemogokan 200 juta buruh India memberi kita sejumlah pelajaran mengenai kekuatan buruh dan tugas-tugas selanjutnya yang harus diemban gerakan buruh.

Timor Leste: 3 Pemuda Terbunuh oleh Brutalitas Polisi

46470539 402333706973068 2105365467823603712 nKekerasan-kekerasan seperti ini akan selalu terjadi selama sistem kapitalisme yang menjadikan akar kesewenang-wenangan ini tetap berjalan. Kapitalisme akan selalu membutuhkan badan bersenjata  (polisi, penjara dan hukum) yang terpisah dari rakyat untuk menjaga ketertiban sistem. Sistem ini akan selalu melahirkan kekerasan.

Timor Leste dan Perjuangan Kemerdekaan yang Belum Tuntas

E Timor07 DJG19990921 IDN Bertepatan dengan 30 Agustus, hampir dua dekade berlalu sejak referendum hak menentukan nasib sendiri berlangsung di Timor Leste kita semua harus bertanya apa yang telah dicapai oleh kemerdekaan ini?

 

Bangladesh Bergolak dengan Ribuan Pelajar Turun ke Jalan

Bangladeshi students protest AFP PhotoRibuan pelajar berusia antara 13 sampai 17 tahun keluar memenuhi jalan-jalan utama di Dhaka Ibu Kota Bangladesh selama lebih dari satu pekan terakhir. Mereka menuntut agar Pemerintah segera membuat regulasi tentang keamanan berkendaraan di jalan. 

Pemilu Malaysia dan Hari-hari Setelahnya

malaysian elect18 the winner 02Pemerintahan  baru yang dihasilkan oleh Pemilu kali ini akan dihadapkan dengan sisi-sisi yang berkontradiksi, antara menjaga kestabilan ekonomi atau menjaga kestabilan politik. Dalam situasi krisis kapitalisme hari ini, menjaga keduanya adalah tidak mungkin

Pemilu Malaysia: Pertarungan Kubu Penguasa dan Oposisi

mahathir najib umnoKenyataannya baik partai yang berkuasa dan partai oposisi hanyalah dua sisi dari koin yang sama. Kepentingan mereka bukan menghapuskan masalah-masalah mendasar rakyat Malaysia. Kepentingan mereka adalah bagaimana menjarah kekayaan rakyat.

Kudeta dan Krisis di Thailand, Kaos Merah Harus Melawan Balik

redshirtsArtikel ini ditulis pada 14 Mei 2014, seminggu setelah kudeta yudisial pada 7 Mei 2014. Tidak lama kemudian, kudeta militer menyusul pada 22 Mei. Ketegangan semakin tinggi di Thailand semenjak krisis politik yang telah berlangsung selama beberapa tahun ini mencapai puncaknya. Minggu lalu kudeta yudisial melengserkan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra dan beberapa menterinya.