facebooklogocolour

Rupiah Terus Turun, Gejolak Belum Berakhir

rupiah2Globalisasi yang disanjung-sanjung dapat menyelesaikan permasalahan, sekarang menjadi kebalikannya. Keberhasilan kapitalisme di masa lalu menjadi bencana di masa sekarang 

Krisis Asia 1997-98 dan Dua Puluh Tahun Setelahnya

asian crisis 1997Kelas kapitalis tidak akan pernah bisa melupakan krisis ini. Sekarang, dua puluh tahun setelah krisis 1997-98 dan sepuluh tahun setelah Krisis 2008, mereka mencoba meyakinkan diri mereka bahwa sistem kapitalisme ini baik-baik saja. Nyatanya apa yang mereka yakini dengan realitas yang ada sangat berbeda

 

Ketimpangan dan Kapitalisme

KMK2Alih-alih menurunkan angka kemiskinan, kapitalisme semakin menajamkan jurang ketimpangan. Padahal alat-alat produksi dan bahan-bahan kebutuhan hidup tersedia. Semua unsur produksi dan kekayaan masyarakat ada dan berlimpah.

 

Kaum Buruh, Pencipta Kekayaan yang Sesungguhnya

Siapakah pencipta kekayaan yang sesungguhnya? Kelas buruh! Siapakah yang sanggup mengalahkan kelas yang merampas kekayaan itu untuk memperkaya diri kelas penghisap itu? Kelas buruh! Siapakah yang sanggup membuat kekayaan itu menjadi kemaslahatan bagi segenap masyarakat? Kelas buruh! Tidak ada alasan untuk minder, merasa tak berdaya, atau takut bagi kaum buruh! Buruh berkuasa, rakyat sejahtera!

Di atas Mata Pisau, Perspektif bagi Ekonomi Dunia

"Pulihnya Asia secara mencengangkan" --kepala berita semacam ini mulai bermunculan di koran dalam beberapa bulan terakhir. Rupanya, setelah diguncang dampak crash pasar modal di tahun 1997, kini mereka dengan penuh cemas mencari tanda-tanda kebangkitan kembali di Asia dan Eropa sebagai bukti bahwa dunia telah terhindar dari resesi. Sekali lagi para pendukung apa yang disebut Paradigma Ekonomi Baru memproklamirkan kejayaan pasar bebas.